Nakarina Wedding Planner - Profesional, Flexible, Modern, Fresh & Young, Klasik Info&Pricelist (0274)386.092 0818.462.995 0813.9200.0093

Tips Keuangan: Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan dan Menghematnya

1. Agar Tidak Ketar-Ketir dalam Mempersiapkannya, Tentukan Jauh Sebelum Hari Pelakasanaan Pernikahan

Menentukan hari pernikahan jauh sebelum hari H tentu saja akan memberi Anda dan pasangan waktu yang cukup untuk mempersiapkan keuangan.

Selain itu, Anda dan pasangan juga memiliki banyak waktu untuk melakukan riset demi mematangkan persiapan pernikahan.

Anda dan pasangan bisa rutin melakukan riset terkait tempat yang tepat dan lebih murah untuk resepsi pernikahan, biaya katering, pemesanan bunga, dan sebagainya.

Juga, bila Anda menentukan tanggal pernikahan jauh sebelum hari H, Anda bisa melunasi biaya-biayanya dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang di kemudian hari di mana harganya kemungkinan besar akan naik.

Tips lain, hindari menetapkan hari Sabtu sebagai hari pernikahan Anda karena semua biaya sewa perlengkapan pernikahan biasanya lebih tinggi dibanding hari-hari lain.

Selain itu, Anda bisa melakukan hal-hal lain yang akan memungkinkan Anda untuk mempersiapkan biaya pernikahan

2. Agar Semuanya Sesuai Perencanaan, Urutkan Persiapan Berdasarkan Prioritas

Venue acara pernikahan Anda dan pasangan mungkin menjadi prioritas utama untuk segera dipenuhi.

Agar Anda tahu apa saja yang perlu dipenuhi dan mana yang lebih dulu harus dipenuhi, coba tulis keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk acara pernikahan Anda. Setelah semuanya ada dalam daftar, coba urutkan kebutuhan sesuai prioritasnya.

Misalnya, di urutan pertama adalah venue, kemudian gaun dan jas pengantin, sepatu, bunga dan lain sebagainya. Urutkan semuanya dari yang paling prioritas hingga yang menjadi pelengkap saja.

Dengan begitu Anda akan semakin terarah dalam mempersiapkan biaya pernikahan karena nantinya Anda tahu apa yang perlu dipenuhi dan kebutuhan mana yang hanya opsional saja.

3. Alokasikan Sejumlah Dana untuk Kebutuhan yang Lebih Spesifik

Misalnya, Anda sudah membuat target bahwa mulai bulan ini hingga 3 bulan ke depan Anda sudah harus bisa mengumpulkan uang untuk DP venue pernikahan, maka Anda harus mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan tersebut setiap bulannya.

Anda dan pasangan bisa bahu-membahu untuk mengalokasikan pendapatan selama 3 bulan ke depan untuk keperluan DP venue pernikahan, misalnya 20% dari total pendapatan kalian berdua, yakni Rp 12.000.000, berarti dalam sebulan kalian bisa mengumpulkan sebesar Rp 2.400.000, dan dalam 4 bulan, total Anda dan pasangan bisa mengumpulkan total Rp 9.600.000.

Dana sebesar itu sudah bisa digunakan untuk membayar DP gedung pernikahan dan keperluan lain sekaligus, bukan?

4. Karena Tujuan Anda dan Pasangan Sudah Setahap di Atas, Mulai Sekarang Kurangilah Biaya untuk Kencan

Bila di awal-awal pacaran Anda dan pasangan masih sangat sering menghabiskan waktu berdua untuk kencan, karena kalian sudah akan menaiki satu jenjang lebih tinggi untuk masa depan Anda, mulai sekarang kurangilah biaya untuk kencan.

Anda dan pasangan sekarang sudah memiliki tujuan yang lebih penting daripada sebelum-sebelumnya, jadi, mengurangi kencan harus dipertimbangkan untuk benar-benar mampu mempersiapkan biaya pernikahan.

Bayangkan bila Anda dan pasangan harus menghabiskan Rp 150.000 setiap kali kencan, dan apabila dilakukan paling tidak 4 kali dalam satu bulan, maka khusus untuk kencan saja Anda dan pasangan harus menghabiskan uang sebesar Rp 600.000 tiap bulan.

Bila Anda mampu menabung Rp 600.000 setiap bulan hingga hari H pernikahan, katakanlah 18 bulan lagi, maka hingga hari H pernikahan, Anda dan pasangan bisa mengumpulkan Rp 600.000 x 18 bulan = Rp 10.800.000 hanya dari biaya kencan saja.

Uang sebesar itu sudah bisa digunakan untuk membayar jasa fotografi sekaligus mencicil biaya gaun dan jas pengantin, kan? Berkencan itu masih diperlukan, ya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengurangi frekuensinya saja bukanlah menghentikannya secara total.

6. Manfaatkan Diskon dan Kartu Kredit

Ada kalanya keperluan-keperluan pernikahan dijual dengan potongan harga yang signifikan. Anda harus memanfaatkan diskon-diskon seperti itu dengan rajin mencari informasi seputarnya atau menyempatkan waktu untuk meriset keperluan lengkap dengan harga dan alternatifnya.

Terkadang, kartu kredit Anda juga bisa menyumbang potongan harga lewat promo yang diberikannya. Jangan lewatkan kesempatan tersebut namun Anda harus tetap mampu mengontrol diri ketika berbelanja menggunakan kartu kredit.

Berburu diskon untuk pernikahan bisa dilakukan dengan cara berlangganan email di website-website berbagi voucher diskon atau website-website yang memang khusus menjual keperluan pernikahan. Anda bisa memanfaatkan promo-promonya saat hendak membeli keperluan pernikahan, bukan?

Sumber : https://koinworks.com/blog/tips-mempersiapkan-biaya-pernikahan/

Tinggalkan Balasan